-->

Proses Kerja

Dalam proses melakukan investigasi penelusuran sebuah informasi, tim pencari fakta CekFAKTA.net menggunakan beberapa metode untuk akhirnya dapat menentukan status dari berita yang beredar tersebut masuk dalam kategori BENAR/SALAH/MISINFORMATION/HOAX.


Adapun metode yang dimaksud di antaranya melakukan proses investigasi secara mandiri dengan mencari beberapa artikel rujukan yang terkait, dan sebagian besar menyadur dari website media online yang telah lebih dulu melakukan verifikasi faktual terhadap informasi tersebut.


Masing-masing kategori kesalahan informasi juga akan diterangkan jelas berdasarkan asas penelusuran, dijelaskan sebagai berikut:


BERITA SALAH

Sebuah informasi dengan narasi yang sedikit diubah baik keterangan judul, tempat, subjek, objek, tempat kejadian, dan redaksional yang mewakili informasi itu sendiri. Terkadang informasi sejenis ini dapat dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan maksud membangun sebuah opini pengguna internet.

Dengan kata lain, informasi salah atau berita salah sengaja diproduksi untuk memperkeruh situasi dan kondisi publik terkait kejadian yang berkaitan dengan konten tersebut. Indikatornya adalah kurangnya relevansi antara berita yang disebarkan dengan unsur yang ada saat ini meliputi waktu, subjek, objek, dan tempat kejadian tadi.

MISINFORMATION

Informasi jenis ini biasanya terjadi karena salahnya penafsiran atas kejadian yang sesungguhnya. Bisa juga keterangan yang menyesatkan dari fakta sesungguhnya. Sebagai contoh, sebuah kejadian menghebohkan terjadi di Kota A, lalu diterangkan jika kejadiannya baru saja terjadi di Kota B dengan latar belakang kondisi yang sama. Padahal, informasi semacam ini dapat berakibat fatal bagi pembacanya, terlebih jika tersebar luas di internet yang kita tahu sendiri proses penyebarannya begitu cepat.

HOAX / HOAKS

Informasi atau berita jenis ini lazim terjadi. Entah disadari atau tidak penyebarannya tetap akan ada di tengah masyarakat pengguna internet. Dengan maksud tujuan tertentu berita hoax dibuat. Tentunya sangat merugikan banyak pihak. Baik pembuat maupun yang menyebarkan seharusnya dapat dikenai pasal pidana atas dasar penyebaran berita palsu (hoax).


Oleh karena itu, CekFAKTA.net hadir sebagai situs rujukan untuk mencari tahu fakta yang sesungguhnya dari berita yang beredar di internet apakah benar adanya, atau sebenarnya hanya hoaks semata.