-->

Prinsip Dasar

Sebuah prinsip yang digunakan sebagai acuan dalam menentukan kategori kesalahan informasi seperti apa yang terkandung dalam berita yang tersebar di internet. Hal ini berguna agar tidak ada kesan bias dalam artikel yang diterbitkan. Karenanya tim pencari fakta dari situs CekFAKTA.net menggunakan beberapa metode agar artikel yang diterbitkan dapat dipertanggung jawabkan.


Sesuai Referensi

Telah dijelaskan pada halaman Proses Kerja, bahwa artikel di situs ini menggunakan rujukan dari media online lain yang juga telah melakukan proses penelusuran mengenai kebenaran sebuah berita. Media yang disadur pun juga tidak sembarang, kami hanya akan berpedoman pada media yang secara legal telah diakui keberadaannya beserta kapasitasnya dalam menerbitkan status informasi.


Keberimbangan Data

Dapat memutuskan ketegori kesalahan informasi tentunya harus disertai bukti data dan alasannya yang terkait. Hal ini dilakukan agar tidak ada tudingan bahwa artikel sengaja dibuat hanya untuk semata menyangkal tanpa alasan yang kuat. Sehingga perlunya pencantuman bukti otentik berkaitan dengan informasi yang diverifikasi tersebut, termasuk relevansinya.


Transparansi

CekFAKTA.net juga berkenan mencantumkan sumber referensi yang digunakan dalam memutuskan kategori informasi tersebut, agar nantinya pembaca dapat dengan bijak menguatkan keyakinannya atas status informasi yang diterbitkan situs ini.


Mekanisme

Setiap artikel yang diterbitkan juga menjelaskan mengenai mekanisme atau teknis proses verifikasi untuk menentukan kategori kesalahan informasi. Hal ini masih terkait dengan tujuan transparansi yang telah dijelaskan tadi, namun lebih terperinci memperjelas cara kerja tim pencari fakta dalam memverifikasi berita.


Dengan demikian seluruh isi dan atau materi artikel dalam situs CekFAKTA.net ini dapat dipertanggung jawabkan sepenuhnya. Dapat juga digunakan sebagai rujukan dalam menangkal keberadaan berita palsu di internet yang tersebar di kalangan sesama warganet (netizen).