-->

Manfaat Media

Kehadiran situs Cek Fakta dapat menjadi inovasi baru terhadap sirkulasi penyebaran konten pada media online baik nasional maupun lokal. Sekaligus sebagai varian baru dalam menyajikan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan keberadaannya.


Perkembangan teknologi yang sangat cepat tidak bisa dipungkiri menjadi tempat strategis untuk mendistribusikan informasi. Sayangnya, tidak semua informasi yang tersebar dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hal ini terjadi berkat ulah tangan-tangan jahil yang sengaja membuat keonaran melalui penyesatan informasi tersebut.


Sehingga dibutuhkan situs verifikasi berita semacam CekFAKTA.net sebagai penyeimbang jika terjadi anomali peredaran berita palsu yang membuat resah masyarakat.


Peran serta media online Indonesia juga dibutuhkan untuk semakin memperluas penyebaran berita yang telah terverifikasi, diharapkan mampu membendung meluasnya penyebaran informasi palsu atau berita bohong tersebut.


Meski informasi yang tercantum dalam website ini dapat menjadi acuan, namun itu semua belumlah cukup jika tanpa ditunjang oleh dukungan peran serta media lain. Karenanya, kini banyak bermunculan kanal khusus Cek Fakta yang dijalankan oleh berbagai media massa berbasis digital tersebut.


Begitupun dengan CekFAKTA.net yang diharapkan mampu berperan banyak dalam upaya menghentikan penyesatan informasi yang terjadi di ranah dunia maya. Dan sebagai wujud dukungan, silakan sebarkan setiap artikel/link/URL dari situs ini yang terkait dengan berita bohong yang Anda temukan di berbagai platform seperti media sosial misalnya. Agar dapat menjadi bahan edukasi sekaligus solusi bagi warganet (netizen) lain yang tengah termakan berita/informasi yang dilakukan akun tertentu.


Atau jika Anda memiliki media publikasi seperti micro blog, blogger, dan yang sejenis, silakan turut menyebarkan artikel yang telah diverifikasi statusnya agar berguna untuk menangkal keberadaan berita palsu yang tersebar di internet.