-->

Latar Belakang

Berawal dari rasa keprihatinan atas maraknya berita palsu yang tersebar di internet sehingga situs CekFAKTA.net ini didirikan. Hal yang seharusnya bisa dihindari dengan bijak membagikan informasi apapun, kepada siapapun, dan melalui media apapun.


Karena penyebaran informasi yang salah akan menimbulkan problem tersendiri yang terkadang bisa berakibat fatal bagi kehidupan bermasyarakat.


Tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi sudah mengubah cara pandang dan gaya hidup masyarakat dalam berkomunikasi. Alih-alih ingin menjadi yang tercepat dalam membagikan kabar, tapi tak jarang malah menjadi sumber pertama atas penyesatan informasi tersebut.


Meski demikian, memang perlu dipahami jika tidak semua pengguna internet paham betul tentang hukum sebab-akibat atas permasalahan tersebut. Tidak jarang ditemui orang yang menganggap sepele kegiatan menyebarkan berita hoax atau informasi hoaks tersebut. Bisa jadi karena penggunaan teknologi hanya sebatas alat untuk berbagi oleh mereka, tanpa memikir panjang akibatnya.


Oleh karenanya situs CekFAKTA.net ini dibuat. Tim Pencari Fakta akan membantu memverifikasi kebenaran sebuah berita dengan turut mencantumkan data, fakta, dan realita yang sebenarnya. Sehingga tidak ada lagi keraguan dari validitas informasi yang tersebar di internet tersebut.


Dengan menggunakan prinsip Saring Sebelum Sharing, sepertinya cukup sebagai modal awal untuk bersikap waspada terhadap masifnya laju penyebaran informasi di dunia maya.


Khawatirnya, jika tanpa didukung situs semacam ini sebagai alat untuk mengecek berita palsu, maka informasi yang disebarkan melalui berbagai platform seperti aplikasi pesan singkat semacam WhatsApp, Telegram, atau jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya, akan semakin gencar terjadi.


Pada akhirnya, dengan artikel hasil penelusuran tim pencari fakta dari CekFAKTA.net, maka diharapkan dapat meminimalisir potensi penyebaran berita hoaks tersebut semakin meluas.


Saran: Jika nantinya diketahui ada rekan, teman, atau bahkan keluarga yang menyebarkan berita/informasi yang masih diragukan kebenarannya, maka cukup balas dengan mengirimkan link artikel dari situs ini sebagai bukti status kebenaran atas berita/informasi yang disebarkan oleh rekan dan atau keluarga Anda tadi.


Silakan pantau terus situs CekFAKTA.net untuk mengetahui artikel terbaru hasil penelusuran Cek Fakta. Mari bersama melawan penyebaran berita palsu di internet. Turn back hoax!