-->

Benarkah Ada Eksploitasi Ekonomi di SPI Batu? Begini Penelusuran Denny Darko, Jawaban Siswa Bikin Kaget!

Benarkah Ada Eksploitasi Ekonomi di SPI Batu? Begini Penelusuran Denny Darko, Jawaban Siswa Bikin Kaget!
Tangkapan layar video unggahan Denny Darko saat mengunjungi SPI Batu.

CekFAKTA.net - Belum tuntas masalah dugaan kasus kekerasan seksual di SPI Batu, muncul dugaan kasus eksploitasi ekonomi terhadap para siswa di sekolah tersebut.


Lantas, benarkah ada eksploitasi ekonomi di SPI Batu?


Penasaran atas kebenaran kasus eksploitasi ekonomi terhadap para peserta didik di SPI, pesulap kondang yang juga YouTuber Denny Darko melakukan penelusuran langsung dengan mengunjungi sekolah itu.


Diketahui Denny Darko mengunjungi sekolah SPI di Kota Batu, Jawa Timur, pada Kamis (25/8/2022).


Kunjungan Denny Darko ke SPI Batu juga diunggah sebagai konten melalui kanal YouTube-nya.


Pada kesempatan itu, Denny Darko mewawancarai beberapa siswa untuk menanyakan kebenaran dugaan eksploitasi ekonomi yang dilakukan pihak yayasan terhadap para siswa SPI.


Mendengar jawaban siswa, Denny Darko lantas merasa kaget.


Bukannya kaget karena mendapat kebenaran akan isu eksploitasi seperti yang banyak diberitakan, melainkan banyak hal yang ia baru ketahui tentang fakta di SPI Batu, yang menurutnya mengagumkan.


Pasalnya, siswa didik di SPI berasal dari latar belakang yang beragam. Tidak hanya membantu fasilitas pendidikan bagi kalangan tidak mampu, tetapi juga menyediakan tempat bagi siswa dari ragam agama yang berbeda.


"Disini memang beragam, karena di SPI juga ada sarana dan prasarana tempat peribadatan 5 agama seperti Spiritual Garden," ungkap Caca, salah satu narasumber yang juga alumnus SPI yang kini bekerja di sekolah tersebut.


"Mereka bukan hanya dari kalangan dari anak-anak yatim piatu saja, akan tetapi juga kalangan menengah kebawah atau kurang mampu," kata Caca menambahkan.


Terkait dugaan eksploitasi ekonomi, siswa lain ikut buka suara.


"Sebenarnya tidak ada (eksploitasi ekonomi), karena memang kenyataan atau realita," ucap siswa lain bernama Niko.


"Kalau orang dari luar dipekerjakan tentunya dibayar, kalau kami inikan beda sama pekerja. Jadi, kami disini tugas kami hanya sekolah, habis itu piket sore, ibadah, literasi," imbuhnya.


Selama di SPI Batu, Denny Darko juga diajak berkeliling ke beberapa area sekolah, seperti melihat suasana ruang kelas, spiritual garden (tempat peribadatan), Transformer Center, aula, asrama, wahana dan area pertanian hidroponik.