-->

Ajarkan Akhlak Mulia kepada Warga Sekolah, SPI Batu Berkurban

Ajarkan Akhlak Mulia kepada Warga Sekolah, SPI Batu Berkurban
Momen kebersamaan warga sekolah SPI Batu saat hendak membagikan daging kurban, Senin (11/7). (Dok. Eko/Pewarta)

CekFAKTA.net - Keluarga besar sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu turut merayakan suka cita Idul Adha 2022 dengan berkurban. Pihak sekolah memprioritaskan warga internal sebagai target pendistribusian daging kurban.

Proses penyembelihan dilakukan sehari setelah hari H, tepatnya Senin (11/7/2022). Hal ini sengaja dilakukan karena SPI ingin memberi kesempatan warga sekolah agar dapat menikmati hari libur tanpa terganggu jam sekolah.

"Ya, karena saat Hari Raya Idul Adha tahun ini kami memberi kesempatan kepada anak didik untuk salat Idul Adha bersama. Pada pelaksanaan kurban ini, panitia baik guru dan perwakilan siswa bisa fokus dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah," kata Kepala Sekolah SPI Risna Amalia, Selasa (12/7).

Risna menjelaskan, kegiatan semacam ini merupakan bagian dari proses edukasi kepada seluruh warga sekolah agar memiliki akhlak mulia dan bisa memaknai Idul Adha dengan benar.

"Kami berharap, melalui kegiatan ini bisa menjadi pembelajaran bagi anak didik SPI seperti dalam tauziah yang disampaikan guru agama Islam di sekolah SPI terkait hikmah berkurban," tutur Risna.

Risna menambahkan, kurban bagi umat Islam adalah ungkapan terimakasih kepada Allah SWT atas limpahan rezeki dengan cara berbagi makanan berharga kepada mereka yang tidak mampu.

Di samping itu, lanjut Risna, berkurban merupakan wujud rasa syukur atas nikmat rezeki yang diberikan Allah SWT.

“Sejatinya, berkurban bukan hanya seremonial belaka untuk menjaga tradisi, melainkan tersimpan makna mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain menaati perintah Allah SWT, kurban Idul Adha juga sebagai ajang berbagi daging kepada fakir miskin yang membutuhkan," kata Risna.

"Maka dari itu, SPI sengaja melaksanakan kurban pada hari Senin, karena hari Minggu cukup banyak kegiatan dan siswa serta mahasiswa bisa fokus mengikuti salat Idul Adha," terangnya.