-->

Ulang Tahun ke-20, Google News Makin Gencar Sikat Hoax!

Ulang Tahun ke-20, Google News Makin Gencar Sikat Hoax!
Google News

CekFAKTA.net - Bagi Anda pengguna Google mungkin sempat menerima email pemberitahuan terkait perayaan ulang tahun Google News yang ke-20. Dalam email itu disebutkan Google memperbarui tampilan antar muka fitur laman berita miliknya.

Setelah di cek, ternyata bukan hanya User Interface (UI) saja yang diperbarui. Google diketahui juga telah memperbarui fitur cek fakta atau verifikasi berita untuk mengetahui keaslian sebuah berita dengan bantuan lembaga independen yang disebut 'Fast Check'.

Menurut Google, fitur ini akan membantu pengguna untuk terhindar dari misinformation, hoax, ataupun propaganda, seperti dikutip dari Blog Google, Kamis (23/6/2022).

"Kami mengumumkan cara kami bekerja untuk membantu orang-orang di seluruh dunia menemukan beragam berita yang terpercaya melalui dukungan global bagi kantor berita dan inovasi produk," tulis Google dalam postingan blog.

Google mengatakan jika fitur cek fakta telah didukung lebih dari 150 ribu hasil pemeriksaan fakta dari kantor berita yang bereputasi dari seluruh dunia. Melalui fitur inilah cara Google untuk mendukung literasi media.

Selain fitur 'Fast Check', Google juga mengenalkan fitur tambahan yang disebut dengan 'This Result'. Fitur ini membuat pembaca bisa memperdalam terkait dengan sumber berita tersebut dan melihat rekomendasi dari para ahli untuk memeriksa sumbernya dan melihat apa yang dikatakan oleh orang-orang lain tentang topik atau berita terkait.

Sementara itu, untuk tampilan antar muka, Google merombak total desain layout Google News untuk versi dekstop atau perangkat komputer.

Google mengaku ide tampilan ini berdasarkan aspirasi yang diberikan pembaca. Dengan tampilan baru tersebut, pembaca diyakini akan lebih mudah menemukan berita-berita penting.

Nantinya, Google news yang baru ini akan memudahkan pembaca untuk tetap up to date terhadap berita-berita penting dengan membawa fitur Top Stories, Berita Lokal, dan pilihan pembaca di bagian atas situs, seperti dikutip dari situs Android Central, Jumat (24/6/2022).

Pada fitur berita lokal, pembaca juga memiliki opsi yang lebih fleksibel untuk menambahkan lokasi tertentu dan tetap up to date di mana keberadaan pembaca. Melalui fitur inilah Google merekomendasikan tayangan berita dari media-media lokal.

Sementara, melalui fitur 'Personalized Picks', Google News memberikan kesempatan kepada pembaca untuk memilih topik dan sumber yang hendak mereka baca dan juga menyetel ulang topik-topik yang mereka sukai.

Tak kalah menariknya, Google juga memindahkan tombol navigasi yang sebelumnya berada di sisi kiri (left sidebar) menjadi berada di atas layaknya portal berita.

Untuk diketahui, Google News telah tersedia di lebih dari 125 negara di dunia dengan dukungan layanan 40 bahasa.

Berdasarkan data yang dilaporkan, jumlah pengakses news.google.com setiap bulannya dapat mencapai lebih dari 24 miliar kali kunjungan.