-->

Hoax! Polda Aceh Dikabarkan Minta Sumbangan Sponsor HUT Bhayangkara ke-76

Hoax! Polda Aceh Dikabarkan Minta Sumbangan Sponsor HUT Bhayangkara ke-76

CekFAKTA.net - Kabar tak sedap menghampiri Polda Aceh jelang perayaan HUT Bhayangkara ke-76 pada 1 Juli 2022. Beredar kabar bahwa Polda Aceh meminta sumbangan untuk momentun perayaan tersebut.

Kabar soal Polda Aceh minta sumbangan telah beredar luas di media sosial. Turut ditampilkan proposal terkait permintaan kerja sama dengan pihak sponsor.

Dalam unggahan berbentuk poster digital (e-flyer) dituliskan informasi terkait syarat beserta cara pembayaran jika ingin menjadi sponsor perayaan HUT Bhayangkara ke-76, lengkap dengan harga paket-paket yang ditawarkan.

Dalam flyer itu turut mencatut nama PT PAGA NUSANTARA UTAMA sebaga badan yang disebut memberikan informasi pembayaran sponsor untuk acara tersebut.

Dalam surat proposal sponsor bertanggal 1 Maret 2022 itu, juga turut mencantumkan Polda Aceh lengkap dengan cap lembaga serta tanda tangan Direktur Binmas Polda Aceh Kombes Pol. Mohammad Muslim Siregar.

Polda Aceh Membantah


Mengetahui kabar bohong tersebut lantas Polda Aceh segera membantahnya. Berdasarkan informasi yang tercantum di situs resmi Polda Aceh, pengajuan kerja sama sponsor untuk memperingati HUT Bhayangkara ke-76 merupakan kabar bohong belaka. Serta tergolong kategori penipuan yang mengatasnamakan instansi kepolisian.

Polda Aceh menegaskan tidak sedang menjalin kerja sama dengan pihak manapun khususnya sponsor untuk perayaan HUT Bhayangkara ke-76.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan upaya penipuan yang menyebut Polda Aceh dibuat sangat persis dengan format surat Polri, sehingga tampak terstruktur jika dibaca masyarakat.

"Kalau ada yang berdalih meminta sponsor Hari Bhayangkara, segera konfirmasi ke kami, bila perlu laporkan karena itu penipuan," kata Winardy seperti dikutip dari Antara, Sabtu (25/6/2022).

Karenanya, informasi terkait Polda Aceh minta sumbangan sponsor untuk perayaan HUT Bhayangkara ke-76 ini tergolong penipuan atau imposter content.