-->

Cara Menangkal Hoax ala Komedian Temon

Cara Menangkal Hoax ala Komedian Temon

CekFAKTA.net - Komedian Temon memiliki caranya sendiri agar terhindar dari berita hoax. Hal itu ia jelaskan lantaran pernah menjadi korban berita bohong.

Diceritakannya, saat itu ia mendapat kabar bohong soal keluarganya, hingga nomor pribadinya yang pernah tersebar. Bahkan, ia juga mengaku sempat ditawari pinjaman online berkat ulah oknum tidak bertanggung jawab tersebut.

Hal itu ia sampaikan saat mengisi acara webinar bertema 'Literasi Digital untuk Keutuhan Republik Indonesia' yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta DPR RI, pada Kamis (23/6/2022).

Pemilik nama lahir Simson Rarameha itu lantas mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati menerima maupun menyebarkan informasi apapun di media sosial, selagi mengimbau untuk selalu menerapkan prinsip saring sebelum sharing.

"Filternya ada di diri kita sendiri, dengan saring sebelum sharing," kata Temon.

Sahabat dari sesama komedian Abdel itu juga mengingatkan, masyarakat harus lebih teliti saat menerima informasi, juga berhati-hati dalam menyimpulkan sebuah pesan.

Temon merasa keberadaan berita bohong dapat mengancam persatuan dan kesatuan antar masyarakat.

"Peningkatan literasi digital juga penting agar kita enggak mudah kena berita hoaks di tengah dunia yang banjir informasi ini," bebernya.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi I DPR RI, Hasbi Anshory. Menurutnya, agar dapat terhindar dari kabar bohong masyarakat diminta bisa membedakan berita asli dan palsu.

"Dengan kemampuan mengelola informasi yang baik, kita akan selalu kritis dan berhati-hati dalam memilah informasi," ucap Hasbi.

Dalam kesempatan itu, kegiatan webinar juga turut diikuti Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Semuel Abrijani Pangerapan, Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Jambi, Indria Mayesti, serta Ade Kurniawan, dan Riana.